LSN: Kinerja Pemerintahan SBY Stagnan, 30,2% Menilai Kondisi “Semakin Memburuk”

Suasana pemaparan hasil surveiJAKARTA,JURNAL EKUIN :  Lembaga Survei Nasional (LSN) menyampaikan bahwa publik menilai kinerja pemerintahan SBY cenderung stagnan (mandeg), atau hanya jalan di tempat. Selama periode lima tahun kedua pemerintahan SBY tidak ada perubahan signifikan yang dirasakan masyarakat.

<< Peneliti LSN Dipa Pradipta (kiri) sedang memaparkan hasil survei LSN



"Dalam berbagai bidang, rapor pemerintah mendapatkan nilai merah. Sebab itu, meskipun menghadapi Pemilu 2014, presiden dan para menteri diminta fokus mengurus negara dan tugas-tugas pemerintahan, tidak mengutamakan agenda politik partainya masing-masing," papar Direktur Eksekutif LSN, Umar S. Bakry, kepada media, Minggu (2/6) di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta.

Pernyataan tersebut merupakan salah satu kesimpulan dari hasil survei terbaru LSN yang dilaksanakan tanggal 1-10 Mei 2013 di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei LSN adalah seluruh penduduk Indonesia yang telah berusia 17 tahun ke atas, atau belum berusia 17 tahun tapi sudah menikah.

Menurut Umar, jumlah sampel sebanyak 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling). Simpangan kesalahan (margin of error) sebesar 2,8% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence 95%.

Selain itu pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dengan berpedoman quesioner. Survei ini dilengkapi dengan riset kualitatif melalui wawancara mendalam (depth-interview) dan analisis media.

 

Peneliti LSN  Dipa Pradipta mengatakan berdasarkan temuan LSN, mayoritas responden (49,2%) menilai kondisi Negara kita selama periode kedua pemerintahan SBY “sama saja” atau tidak mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan kondisi periode 5 tahun sebelumny.

“Bahkan sebanyak 30,2% menilai kondisi Negara kita saat ini “semakin buruk”, hanya 18,5% responden yang menilai kondisi Negara kita “semakin membaik,” katanya.

Menurut dia, hamper di semua bidang, kinerja pemerintah memperoleh rapor merah dari public. Hanya dalam bidang kesehatan dan pendidikan, public memberikan rapor biro (nilai C minus). Di bidang-bidang lainnya seperti hokum, ekonomi, politik, pertanian, keamanan dan lainnya, public  memberikan nilai D dan E.

“Artinya rata-rata tingkat kepuasan public berada di bawah 45%. KInerja pemerintahan SBY yang terburuk adalah di bidang hokum, ekonomi, politik dan olahraga,” katanya. (Luthfy)

primi sui motori con e-max

Konstruksi dan Infra

 Kementerian PUPR Siapkan Skema Penyediaan Rumah bagi Generasi Milenial
Kementerian PUPR Siapkan Skema Penyediaan Rumah... JAKARTA, JURNAL EKUIN: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung generasi milenial untuk dapat memiliki rumah dengan harga terjangkau. Harga rumah yang terus naik membuat...

Info Jalan Tol

Mudik Lebaran 2019, Seluruh Ruas Jalan Tol di Indonesia Diskon 15%

JAKARTA,  JURNAL EKUIN: Kabar gembira bagi Anda yang ingin melewati jalan tol saat arus mudik dan balik Lebaran 2019. Pasalnya, seluruh operator jalan tol atau dikenal dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang berada di bawah naungan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) memberikan potongan harga atau diskon tarif di ruas jalan tol di seluruh Indonesia.

Read more...

Properti

Bidik Sektor Non Tol, Bisnis Properti Jasa Marga Makin Menggeliat

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bersama berbagai Anak Perusahaan miliknya menargetkan 20% total pendapatan Perseroan di tahun ini berasal dari sektor usaha non tol. Sektor properti menjadi salah satu yang dibidik oleh Perseroan.SIDOARJO, JURNAL EKUIN: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bersama berbagai Anak Perusahaan miliknya menargetkan 20% total pendapatan Perseroan di tahun ini berasal dari sektor usaha non tol. Sektor properti menjadi salah satu yang dibidik oleh Perseroan.

Read more...

Aksi Korporasi

Kushartanto: Dorong Kualitas Generasi Penerus Bangsa, Jasa Marga Implementasikan Program Magang Bersertifikat
Kushartanto: Dorong Kualitas Generasi Penerus... JAKARTA, JURNAL EKUIN: Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga (Persero) TBK Kushartanto Koeswiranto mengatakan  sebagai...